Kawasaki Ninja 250R Ogah Hidup, Cek Diode atau Sekring?

Posted: Desember 27, 2011 in info modifikasi motor

Ninja 250R aplikasi banyak sekring
Kalau tekan tombol elektrik starter Kawasaki Ninja 250R dan mesin ogah bergasing, baiknya langsung cek kondisi sekring. Jika sekring putus, arus listrik dari aki pun tak sampai ke kontak! Itu yang bikin mesin enggak hidup.

Tapi, itu buat Ninja 250R keluaran 2009 ke atas lho. Sebab buat pacuan 250 cc generasi awal produksi Kawasaki itu, masih aplikasi diode. “Fungsi diode ini seperti pengaman elektronik. Salah satunya, mengunci starter jika ada korsleting,” jelas Aris Sudiaji dari Service Departmen PT Kawasaki Motor Indonesia.

Nah, di Ninja lansiran terbaru, diode itu sudah tidak ada. Jadi, langsung cek sekring saja. Tapi, di Ninja lama, masih pakai. So, jika tekan elektrik starter namun engine tak kunjung hidup, silakan cek diode ya.

Sekring di Ninja 250R layaknya di mobil. Artinya, mengaplikasi banyak sekring buat amankan part elektronik dari hubungan pendek. Kotak sekring itu, letaknya ada di sisi kiri di bawah jok pengendara. Mulai dari extra fan hingga main fuse ada di bagian itu.

“Sistem di Ninja 250R lebih kompleks. Jadi, setiap sekring melindungi tiap sistem agar tidak korslet. Sistem sekring banyak ini juga diterapkan di Kawasaki KLX 250,” tutup Aris.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s